Media Pendidikan Kimia

MEDIA PENDIDIKAN DAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
PENDAHULUAN

Setelah mempelajari chapter ini anda diharapkan dapat:
1. Menjelaskan pengertian media pembelajaran
2. Menjelaskan pentingnya peranan media pendidikan dalam proses belajar
mengajar.
3. Mengklasifikasikan berbagai jenis media pendidikan
4. Menjelaskan karakteristik media pendidikan
5. Memberikan contoh masing-masing jenis media yang relevan dengan
pembelajaran kimia

I. Pengertian, Fungsi dan Manfaat Media Pendidikan
Proses belajar mengajar adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima pesan. Pesan, sumber pesan, saluran/media dan penerima pesan adalah komponen-komponen proses komunikasi. Adapun pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi ajaran ataupun didikan yang ada dalam kurikulum. Sumber pesannya bisa guru, siswa, orang lain ataupun penulis buku dan produser media; salurannya berupa media pendidikan dan penerima pesannya adalah siswa dan juga guru.

Ada kalanya pesan yang akan disampaikan berhasil diterima siswa, ada kalanya tidak. Sebagai contoh guru menyampaikan informasi tentang A, dari beberapa siswa hanya satu siswa yang tepat dalam menafsirkannya, yang lainnya gagal.
Untuk mengatasinya diperlukan sumber belajar yang dapat membantu menyalurkan pesan, yaitu media pembelajaran.

Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar dapat terjadi.
Sebagai sarana komunikasi dalam pembelajaran, media instruksional edukatif memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Identik dengan alat peraga langsung dan tidak langsung
2. Digunakan dalam proses komunikasi instruksional
3. Memiliki muatan normatif bagi kepentingan pendidikan
4. Erat kaitannya dengan metode mengajar khususnya maupun komponen-komponen sistem instruksional lainnya.
Media juga identik dengan alat peraga, namun dalam beberapa hal tidak sama persis.
Dapatkah anda menunjukkan dimana letak perbedaannya?

Sebagai alat bantu, media instruksional edukatif mempunyai fungsi yang cukup berarti dalam proses belajar mengajar, yaitu :
• Memperjelas informasi pada waktu tatap muka dalam PBM
• Mendorong motivasi belajar
• Meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyampaian materi
• Menambah variasi dalam menyajikan materi
• Menambah pengertian nyata tentang suatu pengetahuan
• Mencegah terjadinya verbalisme
• Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
• Mendorong terjadinya interaksi langsung antara peserta didik dengan guru,
peserta didik dengan peserta didik serta peserta didik dengan lingkungannya
• Mudah dicerna dan tahan lama dalam menyerap informasi

Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa jika digunakan secara kontinyu media pengajaran dapat mempertinggi hasil belajar siswa.

Coba diskusikan dengan teman satu kelompok anda beberapa alasan mengapa penggunaan media dapat mempertinggi proses belajar siswa. Bandingkan hasil diskusi kelompok anda dengan kelompok lain.

komik3

One thought on “Media Pendidikan Kimia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s